• Menjadi lembaga pelayanan kesehatan dan pusat pengembangan penelitian kesehatan yang unggul, handal, dan bermartabat di lingkup nasional yang bersama dengan lembaga terkemuka bangsa mewujudkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia yang optimal.
  • Mewujudkan derajat kesehatan masyarakat ITB yang optimal untuk menunjang kegiatan Tridharma perguruan tinggi di lingkungan ITB.

Dalam upaya mendukung pencapaian visi tersebut, maka UPT Yankes ITB menjalankan misinya sebagai berikut :

  1. Memberikan layanan kesehatan yang bermutu bagi seluruh civitas akademika ITB dalam rangka meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar dan produktivitas kerja di lingkungan ITB untuk menunjang kegiatan tridharma perguruan tinggi di lingkungan ITB.
  2. Memberikan layanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas bagi masyarakat umum, khususnya di sekitar ITB.
  3. Menjadi tempat penyebarluasan pengetahuan dan informasi yang terkait dengan kesehatan, termasuk hasil proses penelitian yang dilakukan di ITB.
  4. Menjadi laboratorium pendidikan bagi mahasiswa ITB, khususnya yang berhubungan dengan kesehatan dan manajemen pelayanan kesehatan.
  5. Menjadi pusat pengembangan penelitian untuk mendukung kegiatan penelitian khususnya di bidang kesehatan.
  6. Menciptakan atmosfer ITB yang bersih, tertib, kondusif, harmonis dan nyaman dalam bidang kesehatan

UPT Layanan Kesehatan Institut Teknologi Bandung (UPT Yankes ITB) merupakan pusat pelayanan kesehatan rawat jalan bagi civitas ITB khususnya dan masyarakat umum. Pelayanan Kesehatan tersebut didirikan pada tahun 1977 oleh Ibu-ibu yang tergabung dalam Idhata Komisariat ITB dengan status sebagai Sub-Puskemas Coblong. Pada awal pendiriannya Balai Kesehatan Idhata terdiri dari 4 dokter umum, 2 bidan dan 1 mantri. Balai kesehatan ini beroperasi di bagian barat ITB antara laboratorium radar dan bagian mesin.

Pada tanggal 21 Maret 1981, Balai Kesehatan Idhata Komisariat ITB berganti nama menjadi “Balai Kesehatan Keluarga ITB” dan pindah lokasi ke Jl. Tamansari No. 80 (sebelah bank BNI). Pelayanan yang diberikan berkembang, dengan penambahan fasilitas foto rontgen dan dokter gigi.

Memasuki status Badan Hukum Milik Negara (BHMN), pada tanggal 1 April 2004, ITB membentuk Pusat Pelayanan Kesehatan Bumi Medika Ganesa (BMG) sebagai auxiliary unit yang mendukung proses belajar mengajar dan kesejahteraan seluruh civitas akademika ITB. BMG ini merupakan penggabungan Balai Pengobatan Keluarga ITB dan Apotek Ganesa. Pengelolaannya di bawah tim manajer yang beranggotakan staf pengajar ITB

Pada tanggal 21 Maret 1981, Balai Kesehatan Idhata Komisariat ITB berganti nama menjadi “Balai Kesehatan Keluarga ITB” dan pindah lokasi ke Jl. Tamansari No. 80 (sebelah bank BNI). Pelayanan yang diberikan berkembang, dengan penambahan fasilitas foto rontgen dan dokter gigi.

Memasuki status Badan Hukum Milik Negara (BHMN), pada tanggal 1 April 2004, ITB membentuk Pusat Pelayanan Kesehatan Bumi Medika Ganesa (BMG) sebagai auxiliary unit yang mendukung proses belajar mengajar dan kesejahteraan seluruh civitas akademika ITB. BMG ini merupakan penggabungan Balai Pengobatan Keluarga ITB dan Apotek Ganesa. Pengelolaannya di bawah tim manajer yang beranggotakan staf pengajar ITB.