Mutu Layanan Kesehatan

Capaian Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Layanan Klinik Pratama UPT Layanan Kesehatan ITB Semester I Tahun 2023

Klinik Pratama UPT Layanan Kesehatan ITB bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, dalam rangka peningkatan mutu layanan Kesehatan diadakan survey kepuasan pasien BPJS dengan memuat pertanyaan seputar kesesuaian jam praktik layanan, SDM yang membantu pelayanan pasien, pemberian informasi tentang pelayanan BPJS, sarana dan prasaran untuk menunggu layanan, efesiensi waktu pemeriksaan dokter, penyetaraan pasien BPJS dan pasien Umum, dan pembayaran. Survey ini dilakukan secara Sukarela tanpa paksaan dari pihak manapun oleh pasien BPJS yang telah menerima layanan di Klinik Pratama UPT Layanan Kesehatan ITB baik dari Civitas Akademik ITB ataupun dari Masyarakat Umum, baik pasien dari poli umum atau dari poli gigi semua pasien berhak mengisi Survey Kepuasan layanan menggunakan BPJS Kesehatan. Survey dapat diisi melalui Formulir yang disediakan oleh Petugas BPJS.

Berikut merupakan Jumlah responden yang mengisi survey kepuasan layanan BPJS di Klinik Pratama UPT Layanan Kesehatan ITB, jumlah responden bervariasi setiap bulannya menyesuaikan banyaknya pasien yang berobat menggunakan BPJS dan sukarelawan pasien dalam mengisi Survey.

Berikut adalah skor survey kepuasan pasien BPJS yang menerima layanan di Klinik Pratama UPT Layanan Kesehatan ITB, jumlah responden dan skor survey kepuasan bervariasi setiap bulannya, skor terendah ada di bulan Mei dengan Skor 88,64% dan skor tertinggi pada bulan Juli dengan Skor 100%.

Dengan adanya survey Kepuasan pasien BPJS diharapkan dapat meningkatkan mutu layanan Kesehatan di klinik Pratama UPT Layanan Kesehatan ITB.

Sumber : Laporan bulanan WTA (Walk Through Audit) BPJS Kesehatan